PENGENALAN LAPANGAN PERSEKOLAHAN ASISTENSI MENGAJAR DI SATUAN PENDIDIKAN SMA NEGERI 3 SINGARAJA 2022
Pengenalan Lapangan Persekolahan II (PLP II) merupakan mata kuliah yang wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa jurusan Kependidikan di Universitas Pendidikan Ganesha (UNDIKSHA). PLP II merupakan sarana pembekalan bagi mahasiswa kependidikan sekaligus persiapan untuk menjadi tenaga kependidikan yang profesional. Pada kesempatan ini, mahasiswa melaksanakan praktik pengalaman lapangan di SMA NEGERI 3 Singaraja. PLP II ini bertujuan untuk memberikan suatu pengalaman bagi mahasiswa tentang proses pembelajaran sekaligus kegiatan persekolahan lainnya sebagai bekal bagi mahasiswa untuk menjadi tenaga pendidik yang profesional dan kompeten serta mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon pendidik dan atau tenaga kependidikan.
Pelaksanaan kegiatan PLP II dilakukan secara bertahap, yaitu dimulai dengan kegiatan observasi di lingkungan sekolah untuk melihat proses kegiatan pembelajaran. PLP II dimulai sejak tanggal 15 Agustus 2022 (tahun ajaran baru 2021/2022). Sebelum melakukan PLP II, mahasiswa mengadakan observasi terhadap kegiatan pembelajaran yang ada di SMA NEGERI 3 Singaraja. Observasi tersebut dilaksanakan pada tanggal 15 Agustus 2022 dan 20 Agustus 2022. Observasi tersebut meliputi observasi sekolah dan juga terhadap pembelajaran di dalam kelas, mahasiswa juga berusaha mencari informasi dari guru pamong mengenai kondisi dan potensi siswa, fasilitas pendukung dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), dan juga faktor penghambat yang sering ditemui ketika Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) berlangsung. Selain itu mahasiswa juga melakukan bimbingan perihal pembuatan Modul Ajar bersama guru pamong.
- Kegiatan Mengajar
Kegiatan Mengajar Mandiri Kegiatan Mengajar TeamTeaching
Sebelum melaksanakan praktik mengajar, penulis menyiapkan perangkat pembelajaran, meliputi Modul Ajar, materi serta media agar pelaksanaan praktik mengajar dapat berjalan lancar dan terencana, dalam melaksanakan praktik mengajar, penulias menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi, mulai dari ceramah, tanya jawab, diskusi, dan praktik, penilaian dilakukan dengan cara evaluasi secara teori dan hasil praktik; dan setelah selesai mengajar, penulis menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
2. Kegiatan Non Mengajar
Hasil kegiatan nonmengajar yang diperoleh penulis selama melaksanakan kegiatan PLP yang dilaksanakan di minggu ke-1 hingga minggu ke-4 adalah sebagai berikut.
Kegiatan Extra kulikuler
Kegiatan Jalan Santai
Penulis, sebagaimana mestinya seluruh guru dan siswa SMA Negeri 3 Singaraja, juga mengikuti seluruh kegiatan yang ada di sekolah mulai dari hari senin sampai hari jumat dan full dari pagi hingga sore, kemudian membantu guru pamong untuk Menyusun administrasi kelas, Mengikuti upacara bendera yang rutin dilaksanakan setiap hari senin, Mengikuti persembahyangan bersama, Melaksanakan tugas piket sesuai dengan jadwal yang telah disepakati oleh para mahasiswa pelaksana PLP II Universitas Pendidikan Ganesha, Penulis ditunjuk oleh Bapak Wakasek Kesiswaan untuk ikut serta dalam kegiatan extrakulikuler yang ada di SMA Negeri 3 Singaraja, penulis mengikuti kegiatan jumat sehat dan jumat bersih, yang diawali dengan trisandya lalu dilanjutkan dengan kegiatan kebersihan di lingkungan sekolah. Penulis mengikuti kegiatan kebersihan dan juga sekaligus mengawasi siswa yang sedang melakukan kebersihan.
KESIMPULAN
Kesimpulan yang dapat diambil dalam Pelaksanaan kegiatan Pengenalan Lapangan Persekolahan II (PLP II) selama 8 minggu dari tanggal 15 Agustus – 10 Oktober 2022 di SMA Negeri 3 Singaraja, maka dapat disimpulan sebagai berikut:
- Pelaksanaan kegiatan PLP II memberikan bekal berupa pengalaman bagi mahasiswa yang nantinya dapat digunakan ketika mahasiswa terjun dalam pekerjaan sebagai tenaga pendidik.
- Meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasai secara interdisipliner ke dalam kehidupan nyata di sekolah atau lembaga pendidikan.
- Kegiatan PLP II menjadikan mahasiswa lebih mengetahui kedudukan, fungsi, peran, tugas dan tanggung jawab sekolah khususnya guru secara nyata. Semua itu mempunyai tujuan yang sama meskipun mempunyai bidang kerja atau gerak yang berbeda. Tujuan yang dimaksud adalah berhasilnya proses belajar mengajar yang ditentukan sebelumnya.
- Mahasiswa sebagai calon tenaga kependidikan dalam kaitannya dengan kompetensi professional dituntut memiliki kompetensi lain seperti: personality dan sociality dan program PLP II ini memberikan kontribusi yang nyata.
Komentar
Posting Komentar